Sabtu, 15 Agustus 2009

objek wisata kota Malang

Malang, kawasan wisata berudara sejuk terletak 90 km sebelah selatan Surabaya. Kota Malang sudah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai daerah tujuan wisata. Wisman dalam bentuk Grup maupun perorangan banyak berasal dari Negeri Belanda sebagian dari mereka lebih menikmati perjalanannya sebagai wisata nostalgia. Daya tarik wisatanya antara lain : Pantai Balekambang, kurang lebih 57 km ke arah selatan Malang. Pantai Balekambang banyaj dikenal masyarakat karena keindahan pantainya. Bagi masyarakat hindu, pantai ini lebih dikenal karena sebagai tempat upacara ritual “Jalanidhipuja” yang diadakan setahun sekali. Pulau Ismoyo yang terpisah dari oantai ini dihubungkan dengan jembatan kayu. Di pulau inilah pusat kegiatan upacara Jalanidhipuja dilaksanakan. Lihat kalender Wisata Jawa Timur.

Pantai NgliyepAgak ke arah barat Pantai Balekambang adalah Pantai Ngliyep yang merupakan obyek wisata pantai yang indah dengan pantainya yang berkarang serta terjal. Ombaknya cukup besar karena pantai ini menghadap samudra Indonesia. Di pantai ini setahun sekali menurut perhitungan bulan Jawa juga di adakan upacara tradisional “Labuhan”. Lihat kalender wisata jawa Timur.
Candi BadutCandi Badut yang terletak 5 km sebelah barat Malang, dapat di jadikan tempat pesinggahan untuk melihat dari dekat sebuah Candi pada era akhir abad VIII masa kejayaan Kerajaan Kanjuruan.
Candi JajaghuDi desa Tumpang, 22 km sebelah timur Malang juga bisa dijumpai sebuah Candi yaitu Candi Jajaghu. Candi ini didirikan untuk menghormati Raja Wisnuwardhana dari kerajaan Singasari yang meninggal pada pertengahan abad XIII.
Candi KidalKurang lebih 6 km dari Candi Jajaghu, terletak Candi Kidal yang didirikan untuk menghormati Raja Anusapati dari Kerajaan Singasari yang meninggal pada tahun 1290 M.
Candi SingasariCandi Singasari juga candi peninggalan Kerajaan Singasari yang dibangun untuk mengenang Raja terakhir Kerajaan Singasari, Kartanegara. Candi ini dibangun pada abad XIII. Terletak di Kecamatan Singisari hanya kurang lebih 700 meter dari jalan raya Malang-Surabaya.
Taman Nasional Bromo-Semeru-TenggerKantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di kota Malang. Luas kawasan taman nasional ini adalah 58.000 hektar, membentang di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Kawasan ini merupakan daerah tujuan utama tujuan wisata Jawa Timur dengan G. Bromo sebagai pusatnya. Gunung Bromo beserta kawahnya dikelilingi oleh laut pasir seluas 5.290 hektar yang sesungguhnya juga merupakan suatu kaldera. Panormanya sangat memikat, di tengah-tengah laut pasir ini menjulang G. Bromo, Wisatawan dapat masuk dari empat Kabupaten tersebut. Namun yang paling banyak, mereka masuk dari Pasuruan lewat Wonokitri dan desa Cemoro Lawang Kab. Probolinggo. Biasanya wisatawan mulai meninggalkan Cemoro Lawang atau Wonokitri sekitar pukul 04.00 dini hari. Sesampainya di kaki G. Bromo wisatawan dapat naik ke bibir kawah melewati 247 anak tangga beton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar